Kelas V SDN 3 Sengayam Berpuisi

Margajaya, 30/11. SDN 3 Sengayam merupakan Sekolah yang terletak di perbatasan Kalsel-Kaltim. Terpisah oleh laut dengan ibu kota kabupaten.

Banyak cara untuk merangsang anak didik agar gemar menulis, diantaranya dengan belajar menulis puisi.

Jhon Frisnayana, S.Pd. Guru kelas V di sekolah tersebut yang juga merupakan penulis antologi puisi mencoba mengajak murid-murid kelas V SDN 3 Sengayam untuk menulis puisi dengan berbagai tema.

"Awalnya anak-anak merasa takut dan ragu untuk menulis, namun saya terus menerus menanamkan rasa percaya diri pada murid-murid, lama-lama mereka terbiasa. Tulisan mereka semakin baik dan layak untuk dibaca". Ujar Jhon menjelaskan.

Murid-murid pun semakin bersemangat untuk menulis, lebih-lebih karena wali kelasnya menjanjikan akan menerbitkan puisi karangan mereka ke dalam buku puisi.

"Saya senang menulis, saya ingin tulisan saya dicetak menjadi buku dan dibaca oleh banyak orang". Ujar Yuni (salah seorang murid kelas V) bersemangat.

Jhon selaku wali kelas, terus berusaha meningkatkan kualitas tulisan murid-muridnya, agar layak dibaca oleh orang banyak dan menjadi percontohan bagi kelas yang lain bahkan bagi sekolah lain.

Setiap minggunya dipilih puisi terbaik dan diketik oleh wali kelas kemudian ditempel di majalah dinding agar murid-murid lebih bersemangat.

(Jhon)

Komentar

Postingan Populer