Gudep 17.001-17.002 SMAN 1 Pamukan Barat Laksanakan Ulang Janji

 Margajaya, 22-24 Desember 2017, Puluhan Pramuka penegak gudep 17.001-17.002 Pangkalan SMAN 1 Pamukan Barat Kwarran Pamukan Barat adakan perjusami.

Perjusami tersebut merupakan ajang seleksi bagi siswa-siswi SMAN Pamukan Barat yang akan menjadi anggota pramuka.

Sebagaimana amanat Kurikulum 2013, bahwa setiap siswa berhak dan wajib mendapatkan materi pramuka, namun tidak wajib menjadi anggota pramuka, hal itu merujuk pada sifat pramuka yang sukarela.

Dengan adanya perjusami tersebut diharapkan akan mendapatkan anggota pramuka penegak yang benar-benar berkualitas. "Bukan kuantitas yang menjadi tolok ukur, tetapi kualitas lah yang utama". Ujar Jhon Frisnayana selaku pembina gugusdepan.

Perkemahan ditutup dengan renungan dan ulang janji. Renungan dimulai 24 Desember pukul 02:00 sampai pukul 04:30 dini hari.

Esensi renungan itu sendiri diantaranya untuk merenungi kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dan meningkatkan rasa cinta terhadap kedua orang tua
Renungan diakhiri setelah penegak dan calon penegak dengan mengucap janji Tri Satya di depan bendera merah putih secara sukarela.

Kak Arliansyah, S.Pd. selaku Kamabigus memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan tersebut. Beliau memberikan kepercayaan kepada Pengurus Dewan Ambalan yang tergabung dalam sangga kerja.

Isti Rokah, salah seorang calon penegak laksana mengaku sangat terkesan dengan renungan tersebut. Ia menjadi lebih menghargai perjuangan dan kehadiran ibunya. Ia mengaku semakin mencintai ibunya.

Perkemahan pramuka selayaknya benar-benar menjadi alat pendidikan bukan sekadar ciri bagi kegiatan pramuka. Pungkas Jhon.

Komentar

Postingan Populer